Halaman

Kamis, 02 Februari 2012

PROPOSAL STUDI TENTANG EVOLUSI DAN FOSIL

PROPOSAL
STUDI TENTANG EVOLUSI DAN FOSIL
TAHUN PELAJARAN : 2011 / 2012

I.                Pendahuluan
Tentang evolusi telah ditelusuri sejak ± 350 tahun SM, dan muncul berbagai gagasan dan teori tentang evolusi tersebut. Dan berbagai data dan materi kajian evolusi ini menimbulkan pro dan kontra dikalangan ilmuwan dan tokoh-tokoh yang terkait. Terutama tentang fosil, beberapa ahli mengemukakan teori dan data hasil temuanya sejak abad 14. Hingga abad 21 ini masalah fosil masih banyak pihak yang belum bisa menerima kebenaranya, bahkan ada pihak yang menentangnya.
Dengan alas an-alasannya pihak tersebut seakan-akan menolak dan merombak total jerih payah para ahli biologi dan yang terkait. Teori dan data struktur morfologi dan anatomi manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme serta hal-hal yang berkaitan termasuk proses evolusi ini merupakan serangkaian Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang dikembangkan sejalan dengan kemajuan teknologi. Sedangkan kenyataan di era iptek canggih sekarang ini tampak manfaatnya misalnya dalam bidang kedokteran, penanganan pasien bukan hanya donor darah tetapi sudah sampai tingkat donor ginjal, mata, metode implantasi, rontgen, laser, dll. Hal ini dapat dinikmati oleh seluruh umat manusia, tetapi mengapa tentang evolusi tidak diterima bahkan dicaci maki. Padahal kesemuanya berangkat dari penelitian, teori, dan data dari para ahli yang ditunjukkan dalam bentuk model maupun rekayasa, yang kemudian dikembangkan dalam iptek.
Berdasarkan hal-hal tersebut diatassudah selayaknya, kita mau tahu dan mau mengerti bagaimana sebenarnya melalui kegiatan yang akan kita lakukan, yaitu “Studi Tentang Evolusi” baik melalui kajian pustaka maupun lapangan.


II.              Tujuan
1.      Mengkaji materi tentang evolusi dan fosil melalui pustaka dan lapangan secara khusus.
2.  Membandingkan keberadaan makhluk hidup masa lampau (struktur fosil) dengan struktur makhluk hidup di muka bumi sekarang ini.
3.  Memhami perkembangan organ-organ dari makhluk hidup masa lampau (primitif) hingga makhluk hidup sekarang yang lebih sempurna.
4.      Lebih mencermati dan mendalami proses evolusi, terutama tentang fosil.

III.            Materi Kajian
1.      Perkembangan teori evolusi.
2.      Bagan “Pohon filogenetik”.
3.      Petunjuk dan bukti tentang terjadinya evolusi.
4.      Gambar, charta atau model fosil makhluk masa lampau.
5.      Mekanisme singkat evolusi.
6.      Bukti-bukti dan fenomena alam sekitar tentang terjadinya evolusi.

IV.            Manfaat
1.      Menambah wawasan dan pengetahuan tentang terjadinya evolusi dan keberadaan fosil.
2.      Lebih menyadari tentang sangat kecil dan kelemahan serta kemampuan diri terhadap ke-Maha Besaran Tuhan.
3.      Lebih memahami bahwa Tuhan menciptakan alam raya dan seluruh isinya ini tidak mengerjakan satu per satu atau per individu, melainkan “Menciptakan dengan Kehendak-Nya”.
4.      Lebih mensyukuri bahwa kita manusia diciptakan dengan “sebaik-baik bentuk yang sempurna” diantara makhluk lain di muka bumi ini.

V.              Peserta dan Pelaksana
1.      Kelas XII IPA sejumlah                   :  28
2.      Guru pembimbing sejumlah              :  1
3.      Jumlah keseluruhan                          :  29

VI.            Tempat Pelaksanaan
Berdasarkan pertimbangan Guru Pembimbing dan persetujuan Kepala Sekolah yang telah disesuaikan dengan keperluan kajian dan efisiensi berbagai hal adalah "Studi Tentang Evolusi dan Fosil"

VII.         Waktu dan Jadwal Pelaksanaan
Pelaksanaan ditentukan oleh persetujuan kepala sekolah pada :
            Hari/tanggal      :  Rabu / 01 Februari 2012
            Pukul               :  06.30 s/d selesai

VIII.       Penutup
Demikian proposal ini dibuat untuk menunjang keelancaran pelaksanaan dan tertibnya pelaksanaan, maka dimohon dukungan dan partisipasi semua pihak yang terkait. Semoga membawa hasil sebagaimana yang diharapkan.
-Tambahan yg bagian bawah ini jangan ikutan di copy kawan, karena gua cuman sekedar iseng, hhehehehehehehehe-



Tidak ada komentar:

Posting Komentar