Halaman

Senin, 05 Maret 2012

Kartu Na.. Lawan Kartu Ha.....


Kmarin gua dapat kabar dari temen gua kalau hari ini bakal ada ujian praktek TIK. Ujian praktek kali ini ditugasin buat sebuah kartu nama, yang didalam kartu nama tersebut terdapat foto, nama, moto –pertama gua denger kali tu gua kira molto-, harapan, n sebagian hal yg sedikit merumitkan. Lalu gua mikir, “ne kartu nama tau kartu harapan?”. Sumpah gua gak abis pikir, gua gak pernah liat ada kartu nama yang didalamnya ada sebuah harapan kedepan -.- .
tapi seperti lagunya bondan dkk “yasudahlah hem.hem.hem” akhirnya gua lakuin n turutin aja ap kata guru gua yang satu tu, dari susah payah gua akhirnya kartu harapan eh salah maksud gua kartu nama gua jadi.

 ne dalam bentuk kartu tanpa nama gua

 
Proses lahirnya kartu nama gua ini cukup ribet, diantaranya :
  1. Harus ada komputer tau laptop –kalau punya, kalau gak punya pinjem tetangga ja kayak gua :P-
  2. Trus dalam komputer tau laptop kalian harus ada aplikasi Corel Draw yang terserah seri berapa aja.
  3. Lalu kalian buka aplikasi Corel Draw kalian n mulai memproses selanjutnya.
  4. Pilih halaman kerja baru –yang dilambangin dengan secarik kertas yg dibawahnya terdapat kata new-
  5. Setelah muncul lembar kerja kalian pilih ukuran kertas dalam paper type n kalian pilih “letter”
  6. Ganti satuan panjang dari inci menjadi centimeter dalam Drawing Units
  7. Ganti posisi lembar kerja dari potret menjadi landscape
  8. Pilih alat dengan rectangle tool, lalu blok lembar kerja, dan diberi warna
  9. Lalu pilih foto yang akan digunakan, yaitu dengan klik File lalu klik Import setelah itu pilih foto yang akan digunakan
  10. Lalu buat lambang gua –itu adalah lambang dari bom atau TNT, bukan sarang lebah-, pilih polygon tool, lalu pilih menjadi segi 6, setelah itu drak ke dalam lembar kerja
  11. Setelah itu pilih ellipse tool, lalu drak ke dalam segi enam yang telah dibuat
  12. Setelah itu pilih freehand tool buat sedikit garis lalu duplikat sebanyak 4 kali. Pada salah satu garis sudutnya diganti menjadi 45° dan 325° diganti sudutnya menjadi dalam Angel of rotation
  13. Lalu satukan menjadi satu dan dibeli tulisan menggunakan Text Tool
  14. Untuk kata kata mulai dari nama, moto, sampai harapan menggunakan cara biasa yaitu menggunakan Text Tool
  15. Setelah itu kartu nama pun jadi, untuk seperti ini sebenernya gak butuh keahlian bagus, karena yang gua buat ini simple abis, hhehehehehehe 
setelah kartu entah apa namanya tu jadi kalian harus simpen, cara menyimpannya ikuti gambar - gambar berikut :

Langkah pertama menyimpan dalam bentuk CorelDRAW X3 Graphic.
  1. klik file
  2. pil;ih save as
  3. pilih dokument tempat menyimpan file
  4. lalu klik save
Langkah kedua menyimpan dalam bentuk JPEG.
  1. klik file
  2. pilih Export
  3. ganti jenis menjadi JPEG
  4. klik eksport
  5. lalu klik ok
  6. klik kembali ok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar